Aplikasi Edit Foto di HP Android dan iOS Terbaru dan Paling Keren

Aplikasi Edit Foto di HP Android dan iOS

Tidak semua orang bisa mengabadikan momen dalam bentuk foto dengan baik. Cahaya yang kurang atau kamera yang goyang, bisa membuat foto kamu gelap atau kabur, terutama jika kamu tidak mahir menggunakan kamera.

Kalau kamu mengalaminya, kamu perlu memiliki kemampuan untuk mengedit untuk setidaknya memperbaiki kualitas foto yang sudah kamu buat. Mengedit hasil foto sebenarnya tidak sulit. Lupakan komputermu dengan semua perangkat pengeditan foto yang rumit, dan beralihlah pada teknologi ponsel.

Ya, dengan bermodalkan ponsel pintar (smartphone), kini setiap orang bisa melakukan manipulasi foto. Berbagai aplikasi edit foto terbaik pun sudah dapat kamu unduh dan gunakan. Aplikasi pengeditan foto ini bisa di-download secara gratis maupun berbayar.

Kalau kamu ingin mendapatkan fitur yang lengkap, kamu bisa mendapatkannya dengan aplikasi berbayar. Sedangkan dengan aplikasi gratis, kamu akan mendapatkan fasilitas perangkat pengeditan yang terbatas, namun seharusnya cukup untuk kebutuhan sehari-hari saja.

Aplikasi foto gratis dan berbayar bisa kamu unduh untuk ponsel dengan sistem operasi berbasis Android ataupun iOS. Namun, ada beberapa aplikasi yang hanya tersedia untuk salah satu sistem operasi saja. Apa saja aplikasi yang dimaksud? Yuk kita simak beberapa aplikasi pengeditan foto di HP yang tidak hanya praktis, tetapi juga menyenangkan untuk digunakan ini.

Aplikasi Edit Foto untuk HP Android dan iOS Terbaru

Berbagai aplikasi ponsel yang baru, muncul setiap hari. Dan jika kamu tidak sering mengecek dengan rajin, kamu bisa saja melewatkan aplikasi terbaru tersebut. Apa saja apps edit foto terbaru saat ini?

1. Filterstorm Neue

Filterstorm Neue
Filterstorm Neue via itunes.apple.com

Awalnya aplikasi ini dibuat untuk memudahkan proses pengeditan bagi para jurnalis. Meskipun begitu, nyatanya aplikasi yang diciptakan oleh Tai Shimizu ini dapat digunakan oleh siapa pun.

Aplikasi ini bisa Anda temukan pada ponsel berbasis iOS.

Fitur yang dihadirkan antara lain curves manipulation (manipulasi kurva), color correction (koreksi warna), noise reduction (pengurang bercak), sharpening (penajaman gambar) dan sebagainya.

Download Filterstorm Neue (iOS).

2. Photo Mate R3

Photo Mate R3
Photo Mate R3 via play.google.com

Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi edit foto terbaru di Android. Buat kamu yang pernah kenal dengan Photo Mate R2, kamu pasti sudah tidak asing dengan aplikasi penerus ini.

Kamu bisa menggunakan berbagai fitur menarik pada aplikasi ini, seperti fitur koreksi lensa yang bisa memudahkanmu memperbaiki permasalahan lensa. Fitur vignetting, chromatic aberration, dan perbaikan distorsi juga bisa kamu gunakan di Photo Mate R3.

Aplikasi ini bisa kamu nikmati dengan gratis, tapi siapkan sedikit dana untuk meningkatkannya ke fitur pro.

Download Photo Mate R3 (Android).

3. Little Photo

Little Photo
Little Photo via play.google.com

Masih untuk kamu pengguna Android, Little Photo bisa kamu nikmati secara gratis. Pada aplikasi ini ada lebih dari 70 efek foto dan perangkat pengeditan yang bisa kamu gunakan sepuasnya. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan film dan retouch serta menumpuk efek di dalam satu foto.

Mau tahu hasilnya? Yuk, segera unduh aplikasinya.

Download Little Photo (Android).

4. After Focus

After Focus
After Focus via itunes.apple.com

Efek buram (blur) yang manis akan membuat sebuah foto menjadi lebih indah. Keindahan efek blur memang tidak bisa tergantikan. Buat kamu yang suka dengan efek ini, unduhlah aplikasi After Focus.

Tersedia bagi pengguna Android dan iOS, aplikasi ini mematok harga tertentu bagi para penggunanya.

Download After Focus (Android).

Download After Focus (iOS).

5. PhotoFunia

PhotoFunia
PhotoFunia via play.google.com

Pernahkah kamu membayangkan, wajah kamu dan teman-teman ada di sebuah papan reklame? Jika tidak, coba unduh aplikasi PhotoFunia ini. Ya, aplikasi ini bisa membuat fotomu berada di papan iklan bahkan pada sampul sebuah majalah.

Berbagai efek juga dihadirkan oleh PhotoFunia, seperti filter dan sejumlah frame.

Download PhotoFunia (Android).

Download PhotoFunia (iOS).

Aplikasi Edit Foto di HP yang Paling Keren

Foto yang keren kadang harus didukung oleh hasil editan, lho. Dengan aplikasi yang mumpuni, semua foto bisa saja berubah menjadi sangat keren dan indah. Lalu, aplikasi apa yang bisa membuat fotomu semakin keren? Simak ulasan berikut ini:

1. Pixlr

Pixlr
Pixlr via itunes.apple.com

Jika kamu pengguna ponsel Apple, kamu mungkin tidak asing dengan aplikasi ini. Efek, filter, overlay, dan teks bisa kamu tambahkan pada foto dengan aplikasi ini.

Bahkan, membuat banyak foto dalam satu frame juga bisa kamu lakukan. Gunakan fitur grid untuk menyatukan beberapa foto bersama-sama.

Download Pixlr (Android).

Download Pixlr (iOS).

2. VSCO

VSCO
VSCO via itunes.apple.com

VSCO adalah salah satu aplikasi edit foto yang paling bagus, yang bisa kamu temukan pada ponsel berbasis Android serta iOS. Meski awal kemunculannya hanya terdapat di iOS, VSCO berhasil merebut peminat dari pasar Android.

Filter yang dihasilkan oleh VSCO memang berbeda dengan kebanyakan aplikasi foto ponsel lain. Jika sebagian besar aplikasi lain memberikan efek yang cukup keras dan kontras, maka pilihan tone yang ditawarkan VSCO lebih lembut dan cenderung klasik.

Kalau kamu penggila fotografi mobile, aplikasi ini tentu sudah tidak asing di telingamu.

Download VSCO (Android).

Download VSCO (iOS).

3. Color Splash

Color Splash
Color Splash via itunes.apple.com

Aplikasi ini hadir dengan fitur yang sangat unik. Kamu yang suka bermain warna, akan langsung jatuh hati pada aplikasi ini. Color Splash memberikan kemudahan untuk membuat fotomu berwarna cantik dengan gabungan efek hitam putih secara bersamaan.

Kamu hanya perlu menggunakan beberapa fitur kuas untuk mendapatkan hasil menakjubkan yang sesuai dengan keinginanmu.

Download Color Splash (iOS).

4. PicsArt

PicsArt
PicsArt via itunes.apple.com

Jika kamu menginginkan paket lengkap di dalam sebuah aplikasi, segeralah download aplikasi edit foto PicsArt. Meski sudah hadir di iOS, tetapi aplikasi ini juga merupakan salah satu apps edit foto gratis terbaik yang sangat populer di kalangan pengguna Android.

Kamu bisa melakukan banyak hal dengan aplikasi ini. Tidak hanya efek foto yang beragam, PicsArt juga menyuguhkan pengalaman pengeditan foto yang menyenangkan.

Kamu bisa bereksplorasi dengan berbagai fitur di dalamnya untuk mendapatkan hasil foto yang tampak luar biasa. Aplikasi kamera, alat gambar, stiker, serta fasilitas aplikasi yang bisa dihubungkan langsung dengan media sosial, menjadi keunggulan utama aplikasi ini.

Jadi, jika kamu ingin mencoba sesuatu yang baru, segera unduh aplikasi ini, ya.

Download PicsArt (Android).

Download PicsArt (iOS).

5. Snapseed

Snapseed
Snapseed via itunes.apple.com

Pengguna Iphone tentu sudah tidak asing dengan aplikasi ini. Snapseed hadir sebagai pesaing PicsArt. Dengan menawarkan ragam efek filter untuk foto, aplikasi ini menempatkan foto utama dalam ukuran yang besar. Dengan begitu, para pengguna bisa dengan mudah melihat hasil karya yang telah mereka edit.

Snapseed menyediakan rangkaian fitur yang cukup unik, seperti fokus, seleksi detail pada foto, fitur pemotong (crop), fitur pemutar foto (rotate) dan sebagainya.

Download Snapseed (Android).

Download Snapseed (iOS).

6. HD Photo Editor

HD Photo Editor
HD Photo Editor via play.google.com

Kemudahan pengeditan foto juga dihadirkan oleh aplikasi HD Photo Editor. Kamu hanya perlu mengunggah foto dari kartu memori atau mengambil gambar secara langsung, dan foto siap untuk diedit. Selain fiturnya yang banyak, aplikasi ini juga memberikan berbagai efek filter yang tidak biasa, seperti Sephia, Polaroid, fokus foto dan sebagainya.

Pengaturan kecerahan, kontras, gamma, noise, posterisasi foto, maupun saturasi, juga bisa kamu temukan pada aplikasi ini.

Download HD Photo Editor (Android).

***

Nah, itulah beberapa pilihan aplikasi edit foto yang bagus yang bisa kamu pakai. Silakan dicek satu per satu untuk mencari tahu aplikasi mana yang paling kamu sukai. Selamat mencoba dan bagikan pengalamanmu mengedit foto dengan HP di kolom komentar ya!

Leave a Reply