Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji Kecil yang Efektif

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Menjalankan rumah tangga memang bukan hal yang mudah, perlu pola pikir dewasa untuk melakukannya. Apalagi harus menghadapi berbagai masalah. Termasuk di antaranya adalah bagaimana cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji kecil.

Masalah ekonomi ini pun kerap menjadi penyebab utamanya perpecahan sebuah rumah tangga. Namun, jangan berkecil hati. Ada tips yang bisa membantu Anda dalam mengatur gaji yang pas-pasan sehingga sesuai dengan kebutuhan keluarga.

1. Buat rencana keuangan

Hal pertama yang harus Anda lakukan saat mengatur ekonomi rumah tangga adalah membuat rencana keuangan. Hal ini tidak hanya berlaku untuk keluarga dengan gaji kecil, tapi untuk rumah tangga dengan pemasukan yang besar sekalipun.

Anggaran keuangan membuat Anda bisa mengetahui kondisi ekonomi keluarga secara umum. Mulai dari pengeluaran rutin, hingga berbagai kebutuhan yang sebelumnya terlihat sepele. Selain itu, Anda bisa memperoleh tiga manfaat rencana keuangan lainnya, yakni:

  • Sebagai fungsi perencanaan. Adanya anggaran keuangan membuat rumah tangga memiliki pertimbangan yang jelas saat ingin mengeluarkan uang. Pencairan uang pun tidak bisa dilakukan seenaknya.
  • Sebagai bahan evaluasi. Perencanaan keuangan juga memberikan sarana nyata dalam melakukan evaluasi kondisi ekonomi keluarga. Dengan adanya evaluasi setiap bulan, Anda akan bisa melakukan pengaturan secara lebih baik.
  • Pemakaian uang lebih terkontrol. Anda sudah menetapkan bujet bulanan. Peluang terjadinya kebocoran biaya pengeluaran pun bisa diminimalkan.

2. Tetapkan skala prioritas

Saat memiliki gaji kecil, Anda juga harus memiliki skala prioritas yang jelas. Bedakan antara kebutuhan dengan keinginan. Jangan sampai Anda lebih mendahulukan keinginan dibandingkan kebutuhan.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya kalau Anda menyusun daftar kebutuhan dan keinginan. Selanjutnya, bisa dipilih pos yang memiliki prioritas tinggi dan layak untuk dimasukkan dalam rencana keuangan bulanan. Sementara itu, keinginan bisa diwujudkan saat ada sisa uang.

3. Biasakan menabung

Meski memiliki gaji yang sedikit, kebiasaan menyisihkan uang harus dilakukan. Caranya, Anda harus benar-benar berhemat dan tidak membelanjakan seluruh uang yang ada.

Kebiasaan menabung juga bisa memberikan beberapa keuntungan, yakni:

  • Sebagai tabungan untuk masa depan. Anda bisa menggunakan uang hasil tabungan untuk berbagai hal. Mulai dari biaya pendidikan anak, investasi, hingga pengeluaran untuk membeli rumah.
  • Cadangan pengeluaran kalau terjadi hal yang tidak diinginkan atau keperluan mendadak.
  • Memberikan teladan kepada anak untuk terbiasa hidup hemat. Melihat orang tuanya hidup hemat, anak pun akan membawa kebiasaan tersebut hingga dewasa.
  • Mencegah kebiasaan berutang.

4. Hindari utang

Sebesar apapun gaji Anda, pastikan untuk selalu menghindari utang. Hal ini memang cukup berat, terlebih ketika Anda mendengar beragam manfaat yang bisa diperoleh dari kartu kredit. Terlebih, beragam diskon kerap diberikan untuk para pengguna kartu kredit.

Namun, kartu kredit juga bakal memberikan dampak buruk bagi kondisi ekonomi keluarga. Ketika memegang kartu kredit, Anda akan memiliki kecenderungan pola hidup yang konsumtif. Alhasil, tidak akan ada uang tersisa untuk tabungan.

5. Tentukan target jangka panjang

Penetapan target jangka panjang menjadi cara yang cukup efektif untuk mengatur keuangan keluarga. Misalnya, dalam waktu lima tahun ke depan, Anda memiliki target punya rumah. Selanjutnya, 10 tahun lagi sudah punya tabungan mencapai Rp100 juta.

Penetapan target ini akan membuat tujuan hidup rumah tangga Anda akan lebih jelas. Anda pun akan berpikir seribu kali kalau ingin membelanjakan sisa belanja bulanan. Selain itu, kalau target tersebut gagal, Anda bisa melakukan evaluasi cara pengelolaan keuangan.

6. Pertimbangkan untuk bersepeda saat berangkat ke tempat kerja

Satu hal yang juga layak Anda coba ketika ingin menghemat pengeluaran keluarga adalah dengan bersepeda. Alih-alih memakai kendaraan bermotor atau transportasi umum, Anda tidak akan mengeluarkan uang sepeser pun ketika bersepeda ke kantor.

Tidak hanya itu, bersepeda juga membuat Anda terbiasa hidup lebih sehat. Kalaupun rumah berada cukup jauh dari kantor, Anda bisa membiasakan diri untuk bangun lebih pagi. Manfaat lainnya, kebiasaan ini juga berdampak positif mengurangi polusi udara.

7. Hindari kebiasaan makan di luar

Menghabiskan waktu mengobrol bersama teman kerja memang menyenangkan. Apalagi kalau hal tersebut dilakukan di restoran atau kafe. Hanya saja, hal ini akan memberikan pengeluaran ekstra.

Alih-alih makan di kafe atau restoran, ada baiknya Anda membawa bekal dari rumah. Biaya makan di luar tersebut pun bisa dipakai untuk keperluan lain. Baik untuk tabungan, biaya pendidikan anak, ataupun kebutuhan rumah tangga lain.

Hanya saja, Anda bisa pula menyempatkan waktu untuk makan di luar bersama keluarga. Namun, aktivitas seperti ini tidak boleh dilakukan terlalu banyak. Kegiatan seperti ini hanya bisa Anda lakukan maksimal satu kali dalam sebulan. Tujuannya untuk membahagiakan anak dan istri.

8. Bayar tagihan bulanan tepat waktu

Hal yang satu ini memang terlihat sepele. Namun, kalau menjadi kebiasaan, akan cukup merugikan. Terlebih, tagihan tersebut disertai dengan denda untuk setiap keterlambatan yang Anda lakukan.

Oleh karena itu, pastikan untuk menetapkan waktu pembayaran tagihan bulanan secara pasti. Baik untuk tagihan listrik, air, internet, ataupun TV kabel. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari beban denda.

9. Cari pekerjaan tambahan

Terakhir, bisa juga mempertimbangkan untuk mencari pekerjaan tambahan. Dengan begitu, Anda akan memperoleh pemasukan ekstra. Anda bisa menggunakan pendapatan tambahan itu sebagai tabungan atau biaya lainnya.

Ada beragam pekerjaan tambahan yang bisa Anda lakukan. Mulai dari penulis lepas, ilustrator, jual pulsa, menjual berbagai barang secara online, dan lain-lain. Namun, jangan sampai pekerjaan tambahan itu mengganggu kinerja di kantor.

Tips tersebut bisa Anda praktikkan dengan mudah. Dengan niat yang kuat, Anda pasti bisa melakukannya.

Itulah tips & cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji kecil dari Inspiraloka. Semoga membantu dan selamat mencoba!

Leave a Reply