Cara Menghilangkan Bau Kaki yang Ampuh

Cara Menghilangkan Bau Kaki
Cara Menghilangkan Bau Kaki yang Ampuh

Bau kaki merupakan salah satu masalah kesehatan yang bisa dialami oleh siapa pun, baik pria maupun wanita. Bau kaki biasanya disebabkan oleh bakteri dan jamur yang bercampur dengan keringat dan kotoran. Selain bau, bakteri dan jamur tersebut biasanya juga menyebabkan timbulnya rasa gatal pada kaki.

Ada beberapa hal yang menyebabkan bau kaki muncul, salah satunya adalah kelalaian dalam menjaga kebersihan kaki, kaus kaki, atau sepatu yang biasa digunakan. Lalu, bagaimana cara menghilangkan bau kaki yang ampuh dan aman?

Berikut ini ada beberapa cara menghilangkan bau kaki yang bisa diikuti, baik secara alami maupun dengan obat-obatan.

Cara Menghilangkan Bau Kaki Secara Alami

1. Cuci kaki secara teratur

Menjaga kebersihan kaki merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghindari bau kaki secara permanen.

Anda dapat merendam kaki dengan air hangat yang diberi campuran garam untuk membunuh bakteri dan jamur yang bersarang di kaki. Jangan lupa untuk senantiasa mencuci kaki setiap pulang dari aktivitas di luar rumah dan sebelum tidur.

Saat mandi, Anda juga dapat mencuci kaki menggunakan sabun dan air bersih. Gunakan sikat gigi bekas untuk membersihkan sela-sela kuku dan jari kaki yang tidak bisa dijangkau oleh tangan.

Mencuci kaki secara teratur akan membuat bakteri dan jamur enggan singgah di kaki dan mencegah timbulnya bau kaki.

2. Menggunakan soda kue

Selain mencuci kaki dengan air hangat bercampur garam, salah satu cara menghilangkan bau kaki secara alami lainnya adalah dengan menaburkan soda kue pada kaki. Soda kue memiliki zat yang membuat kaki terhindar dari berbagai jamur penyebab infeksi.

Taburkan sedikit soda kue pada sepatu, alas kaki, atau kaki kita sebelum bepergian. Jika dilakukan secara rutin, cara ini mampu menghilangkan bau kaki secara permanen tanpa menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi kesehatan.

3. Memilih kaus kaki yang tepat

Jagalah kebersihan kaus kaki untuk mencegah timbulnya bau pada kaki. Ganti kaus kaki setiap hari atau maksimal dua kali sehari. Hindari menggunakan kaus kaki kotor dalam jangka waktu yang panjang.

Pilihlah bahan kaus kaki yang tepat, seperti bahan wol dan katun. Bahan ini dikenal mampu menyerap keringat dan mudah dicuci, sehingga kaus kaki tidak menjadi penyebab munculnya bau pada kaki kita.

4. Menjaga kebersihan sepatu dan alas kaki

Meskipun dapat melindungi kaki dari debu dan kotoran, sepatu dan alas kaki ternyata tidak mampu mencegah munculnya bau pada kaki. Untuk mencegah hal itu terjadi, usahakan untuk senantiasa menjaga kebersihan sepatu dan alas kaki.

Cuci sepatu dan alas kaki Anda maksimal satu bulan sekali. Jika terkena hujan, jangan gunakan sepatu sebelum menjemurnya di bawah sinar matahari yang terik. Sepatu dan alas kaki yang basah karena air hujan dapat menjadi penyebab munculnya jamur dan bakteri pada kaki.

5. Kelola stres dengan baik

Stres merupakan gangguan mental yang menyebabkan kelenjar seseorang memproduksi keringat lebih banyak daripada orang dengan kondisi mental yang stabil.

Keringat berlebih merupakan salah satu penyebab munculnya bau kaki. Untuk menghilangkan bau kaki karena keringat yang disebabkan stres, mulailah belajar mengelola stres dengan baik.

Istirahat cukup, makan makanan bergizi, dan olahraga ringan merupakan beberapa cara untuk mengelola stres dan mencegah timbulnya keringat akibat keadaan mental yang tidak stabil.

Cara Menghilangkan Bau Kaki dengan Obat-obatan

Selain cara alami, kita juga dapat menghilangkan bau kaki dengan menggunakan atau mengonsumsi obat-obatan khusus. Berikut obat-obatan yang dapat menghilangkan bau kaki secara permanen,

1. Gunakan antiprespirant

Antiprespirant merupakan sebuah krim yang berfungsi menutup pori-pori dan mencegah munculnya keringat pada kaki. Penggunaan antiprespirant pada kaki merupakan salah satu cara menghilangkan bau kaki yang ampuh dan permanen.

Krim antiprespirant dapat Anda beli di apotek atau toko-toko yang menjual kosmetik dan alat kecantikan. Oleskan krim antiprespirant pada kaki yang bermasalah secara teratur untuk menghilangkan, sekaligus mencegah bau kaki muncul kembali.

2. Gunakan obat jerawat dengan kandungan 10% Benzoil peroxide

Penggunaan obat jerawat yang mengandung benzoil peroxide merupakan salah satu trik untuk menghilangkan bau kaki. Kandungan benzoil peroxide dikenal mampu membunuh bakteri penyebab jerawat, bukan tidak mungkin kandungan ini juga mampu membunuh bakteri penyebab bau kaki.

Oleskan obat jerawat dengan kandungan 10% benzoil peroxide secara teratur pada kaki untuk menghilangkan bau secara permanen.

3. Gunakan Obat Kumur

Sama seperti obat jerawat, obat kumur juga memiliki kandungan yang mampu membunuh bakteri penyebab bau pada kaki. Cara menghilangkan bau kaki dengan obat kumur adalah dengan merendam kaki di air yang sudah dicampur dengan obat kumur.

Sambil merendam, Anda bisa menggosok beberapa bagian kaki menggunakan kapas atau sikat gigi. Meskipun kedengarannya aneh, tapi cara ini terbukti ampuh menghilangkan bau kaki secara permanen.

Itulah beberapa cara yang bisa digunakan untuk menghilangkan bau kaki. Semoga setelah membaca cara di atas Anda tidak lagi khawatir saat menghadapi masalah bau kaki yang mengganggu. Selamat mencoba.

Leave a Reply