Cara Menghilangkan Stres dengan Mudah dan Murah

Cara Menghilangkan Stres

Stres bisa terjadi pada siapa saja dan kapan pun. Mulai dari karyawan yang harus berhadapan dengan tugas menumpuk di kantor, hingga seorang jomblo yang tak kunjung memperoleh jodoh. Dan, hal ini pun bakal berdampak buruk pada kehidupan sehari-hari.

Namun, apakah stres tersebut harus dibiarkan? Tentu saja tidak. Life must go on! Jangan terpaku dengan stres tersebut, hingga akhirnya melupakan hal-hal penting lainnya dalam kehidupan.

Ada beragam cara menghilangkan stres yang bisa Anda coba. Bahkan, tidak perlu mengeluarkan uang dalam jumlah banyak untuk melakukannya, yakni:

1. Hilangkan stres dengan olahraga

Cara pertama dalam mengatasi stres yang bisa Anda lakukan dengan mudah adalah berolahraga. Anda pun bisa memilih aktivitas olahraga yang disukai. Mulai dari sekadar joging, senam pagi, hingga bermain futsal bersama dengan teman dan kerabat.

Olahraga terbukti bisa mengubah suasana hati. Ditambah lagi, Anda juga memperoleh manfaat tubuh yang lebih sehat. Untuk hasil yang lebih efektif, olahraga dapat dilakukan secara rutin.

Kalau pun enggan berolahraga, pastikan tubuh Anda terbiasa untuk bergerak. Misalnya, memilih untuk berjalan kaki saat membeli barang-barang kebutuhan pribadi di pusat perbelanjaan. Atau parkir kendaraan di lokasi yang cukup jauh, sehingga memaksa Anda untuk melangkahkan kaki lebih banyak.

2. Sediakan waktu untuk bersantai

Saat stres, otot-otot tubuh dalam kondisi yang tegang. Sebagai solusinya, Anda bisa menyediakan waktu agar tubuh bisa beristihat dengan tenang. Dan, alangkah lebih baik kalau Anda menyediakan me time secara rutin.

Hal ini sangat penting, karena menjadi momen untuk mengisi baterai semangat Anda. Jangan biarkan ada aktivitas lain mengganggu momen ini. beragam kegiatan pun bisa dilakukan, tidak perlu mahal. Yang penting bisa membuat Anda santai. Misalnya dengan menonton film.

Selain itu, memiliki rasa humor juga bisa membantu Anda dalam bersantai di berbagai kondisi. Tertawa merupakan salah satu cara yang efektif memerangi stres. Oleh karena itu, pastikan Anda berkumpul dengan orang-orang yang bisa membuat tertawa saat sedang stres.

3. Luangkan waktu untuk berkumpul bersama teman dan saudara

Cara terbaik untuk bisa mengatasi stres adalah dengan berkumpul dengan orang-orang yang membuat Anda bahagia. Oleh karena itu, memiliki seorang sahabat atau saudara merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan.

Anda bisa menghabiskan waktu untuk melakukan berbagai aktivitas santai bersama mereka. Kalau mau, bisa pula menceritakan berbagai keluh kesah yang ada dalam pikiran. Hal ini pun bakal membuat beban pikiran berkurang.

4. Biasakan pola hidup yang sehat

Tidak hanya melakukan aktivitas olahraga secara rutin. Anda juga harus membiasakan pola hidup yang sehat untuk bisa memerangi stres. Mereka yang memiliki pola hidup sehat pun bakal punya resistansi lebih tinggi terhadap stres.

  • Makan makanan yang sehat. Tubuh yang memperoleh asupan nutrisi tinggi memiliki persiapan lebih matang dalam menghilangkan stres. Pastikan untuk sarapan, sehingga bisa membuat pikiran tetap segar dan tubuh bisa beraktivitas normal sepanjang hari.
  • Kurangi konsumsi gula dan kafeina. Kebiasaan mengonsumsi gula dan kafeina ternyata berdampak pada suasana hati dan energi. Selain itu, mengurangi konsumsi gula dan kafeina juga bisa membuat Anda tidur lebih lelap.
  • Tidur yang cukup. Tidur merupakan hal yang sangat penting bagi tubuh. Dengan tidur, rasa lelah akan hilang dan membuat pikiran lebih segar. Ingat, kelelahan bisa membuat pikiran tidak bisa bekerja dengan baik.

5. Lakukan manajemen waktu yang baik

Stres bisa terjadi karena Anda tengah menghadapi tumpukan pekerjaan yang harus diselesaikan. Oleh karena itu, ada baiknya Anda harus melakukan manajemen waktu dalam menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Salah satu trik yang bisa Anda coba adalah memilah sebuah pekerjaan besar menjadi beberapa langkah kecil. Anda pun tinggal menyelesaikan langkah-langkah kecil tersebut sedikit demi sedikit. Dengan begitu, tugas pun akan terasa sedikit lebih ringan.

Selain itu, pastikan untuk memprioritaskan tugas yang lebih dulu diselesaikan. Pilih tugas dengan prioritas tinggi di depan, dan kewajiban dengan prioritas rendah belakangan. Kalau mau, Anda juga bisa mendelegasikan salah satu tugas kepada seseorang yang telah Anda percayai.

6. Jangan terlalu menekan diri sendiri

Melakukan berbagai hal dengan sempurna memang bagus. Namun, hal ini bukan berarti Anda tidak bisa menerima kegagalan. Alih-alih stres karena gagal dalam sebuah hal, ada baiknya kalau mengambil pelajaran dari kegagalan tersebut.

Hal ini mungkin akan cukup sulit kalau Anda adalah seorang perfeksionis. Namun, sikap perfeksionis ternyata juga bisa menjadi pemicu stres . Hal ini terbukti dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh ahli psikologi Brene Brown.

Brown dalam bukunya menuliskan kalau sikap perfeksionis cenderung membuat seseorang depresi, cemas, hingga adiksi. Dia pun mengingatkan kalau tidak mungkin seorang manusia bisa menciptakan hal yang sempurna. Namun, jangan lupa untuk melakukan hal yang terbaik untuk setiap pekerjaan.

7. Ketahui sumber stres

Hal yang tidak kalah penting dalam mengatasi stres adalah mengetahui pemicu utamanya. Kalau tidak melakukan hal ini, maka Anda akan selalu memperoleh permasalahan stres secara rutin. Dan, hal ini tentu akan sangat mengganggu keseharian.

Melakukan hal ini mungkin akan sangat sulit. Apalagi, saat dalam kondisi stres, seseorang cenderung tidak bisa berpikir jernih. Mereka akan merasa seperti tengah dihimpit masalah dari berbagai arah.

Daripada berkeluh kesah, Anda bisa menganalisis problem yang menjadi pemicu stres yang dialami. Apakah masalah keluarga, pekerjaan, hubungan asmara, pertemanan, atau yang lain? Dan, pastikan untuk menyelesaikan masalah tersebut hingga tuntas.

Setiap permasalahan bisa diselesaikan. Daripada mengurung diri di dalam kamar, Anda bisa menyelesaikan setiap masalah dengan kepala dingin. Dan ingat, masalah yang datang bakal membuat Anda semakin lebih dewasa.

Itulah 7 cara menghilangkan stres dari Inspiraloka. Cobalah Anda terapkan, dan semoga hidup Anda jadi lebih stress free ya!

Leave a Reply