Contoh CV (Daftar Riwayat Hidup) Terbaru 2017

Contoh daftar riwayat hidup (curriculum vitae)

CV (Curriculum Vitae) atau biasa dikenal juga dengan daftar riwayat hidup adalah salah satu dokumen terpenting dalam mencari pekerjaan. Dengan resume yang singkat ini, idealnya 1-2 halaman, Anda sebagai pelamar kerja memberitahukan kepada pemberi kerja kenapa Anda adalah orang yang tepat untuk pekerjaan tersebut. Dalam dokumen ini, biasanya Anda menyebutkan riwayat pendidikan serta pengalaman dan keterampilan yang relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar.

Karena merupakan dokumen yang dilihat pertama kali oleh calon perusahaan Anda, penting sekali untuk membuat CV yang bagus dan benar, agar mereka tertarik menyeleksi Anda lebih lanjut. Selain itu, karena saingan Anda banyak sekali di luar sana, Anda harus bisa tampil beda atau stand out in the crowd.

Jika Anda tertarik mendalami cara membuat curriculum vitae yang baik, lanjutkan membaca artikel ini sampai habis. Anda akan belajar tentang apa saja yang penting dan apa yang tidak, apa yang perlu dan apa yang tidak perlu ditulis. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan contoh CV terbaru yang bisa Anda jadikan panduan. Ada juga template resume terbaru dan juga online tools yang bisa Anda gunakan untuk membuat daftar riwayat hidup Anda sendiri dengan mudah!

Dos & Don’ts dalam Membuat CV

Dalam melamar pekerjaan, biasanya pesaingnya banyak. Karena banyaknya kompetitor itu Anda harus membuat CV Anda tidak lebih dari 2 halaman. Kenapa? Karena penyeleksi tidak punya banyak waktu untuk membaca daftar riwayat hidup yang panjang dan bertele-tele.

Pastikan resume Anda ringkas dan mencantumkan poin-poin yang relevan saja, sehingga ketika penyeleksi membaca, mereka bisa menangkap apa yang penting, menilai dengan baik, dan akhirnya meloloskan Anda ke tahap berikutnya; bukan justru melewati Anda begitu saja karena curriculum vitae Anda terlalu membingungkan.

Beberapa hal yang penting disebutkan dalam CV antara lain riwayat pendidikan, pengalaman kerja (jika Anda sudah pernah bekerja sebelumnya. Jika belum, bisa diganti dengan pengalaman berorganisasi atau melakukan proyek), prestasi, dan keterampilan yang relevan.

Kata relevan di sini adalah kunci. Karena halaman CV Anda terbatas, Anda harus menuliskan informasi yang benar-benar penting dan nyambung dengan pekerjaan yang dilamar saja. Misalnya untuk riwayat pendidikan, Anda tidak perlu menulis mulai dari SD hingga perguruan tinggi. Cukup pendidikan yang terbaru saja. Kalau Anda seorang lulusan S1, cukup ditulis itu saja. Kalau Anda punya pengalaman exchange, boleh ditambahkan itu. Tidak perlu ditulis SMA, SMP, apalagi sampai SD, karena tidak relevan.

Untuk pengalaman, hal yang sama juga berlaku. Jika Anda adalah fresh graduate yang sudah punya pengalaman magang/kerja part time, akan sangat bagus itu dituliskan. Selain itu, Anda bisa menambahkan beberapa pengalaman berorganisasi atau mengerjakan proyek, baik di kampus maupun di luar kampus, yang relevan. Kalau tidak relevan, tidak usah dipaksa.

Dalam menuliskan pengalaman, hal yang penting untuk Anda tulis adalah apa tanggung jawab Anda dalam pekerjaan, organisasi, atau proyek yang Anda sebutkan. Lalu, bagaimana impact apa yang Anda hasilkan dalam posisi tersebut. Sebisa mungkin, gunakan angka agar impact Anda dapat dipahami dengan baik.

Sebagai contoh: jangan hanya menulis Anda adalah kepala divisi sponsorship di organisasi kampus Anda yang bertanggungjawab untuk menggalang dana untuk kegiatan tahunan, tapi tuliskan juga berapa banyak dana yang bisa Anda dapatkan, dalam waktu berapa lama, dan bagaimana hal itu dibandingkan dengan kondisi/periode sebelumnya.

Berikutnya, tentang prestasi dan keterampilan. Pilih prestasi yang paling relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar. Jika Anda adalah juara sepak bola antarkampus se-Indonesia dan juara menulis essay, dan pekerjaan yang Anda lamar adalah content writer, maka prestasi lomba menulis essay adalah yang perlu Anda tuliskan dalam CV. Sedangkan untuk keterampilan, kalau Anda memutuskan untuk menuliskannya, lebih baik jika Anda menyertakan bukti. Misalnya Anda menuliskan bahwa Anda terampil berbahasa Inggris, akan sangat bagus kalau Anda menyertakan sertifikat hasil tes TOEFL atau IELTS.

Contoh CV Terbaru 2017

Jika Anda ingin berhasil, Anda harus belajar dari guru yang baik. Berikut adalah contoh curriculum vitae yang terbukti sukses untuk melamar pekerjaan di perusahaan yang bagus.

Contoh CV Rakina, pernah diterima di Google Silicon Valley:

Contoh CV

Anda bisa mengamati bagaimana contoh CV di atas dibuat, ambil bagusnya, lalu tiru dalam membuat daftar riwayat hidup Anda sendiri.

Tools untuk Membuat CV dengan Mudah

Membuat daftar riwayat hidup yang bagus tidaklah susah. Dengan tools berikut, Anda dapat membuat CV yang bagus dengan mudah.

Canva

LaTex Resume Generator

Tools Bukapintu

Itulah bahasan tentang cara membuat curriculum vitae yang baik. Semoga contoh CV yang sudah dicantumkan dapat menjadi inspirasi, dan semoga tools yang disertakan dapat membantu Anda dalam membuat daftar riwayat hidup yang baik. Semoga sukses dalam karir Anda!

Leave a Reply