Inilah 8 Film Korea Terbaik Sepanjang Masa

Film Korea Terbaik
8 Film Korea Terbaik Sepanjang Masa

Beberapa tahun belakangan, popularitas film-film dari Korea Selatan memang sedang mengalami peningkatan. Ada banyak faktor yang membuat film buatan Negeri Ginseng ini menarik perhatian para penggemar film.

Selain karena wajah cantik dan tampan para pemainnya, film-film Korea dikenal memiliki karakter dan jalan cerita yang kuat.

Nah, Bagi para penggemar film Korea, berikut adalah daftar 8 film Korea terbaik sepanjang masa yang tidak boleh dilewatkan:

1. Silmido (2003)

Film Korea Terbaik Silmido
Silmido (2003)

Rating IMDB: 7.2/10. Rating AsianWiki: 91%.

Silmido adalah sebuah kisah nyata yang diangkat dari peristiwa Unit 684, yaitu kode operasi intelijen yang dibentuk pemerintah Korea Selatan sebagai upaya menyusup ke Korea Utara dan membunuh Kim Jong Il.

Operasi intelijen ini melibatkan 31 narapidana yang mendapat dakwaan hukuman mati dan penjara seumur hidup. Orang-orang ini dilatih secara militer di sebuah pulau bernama Silmido. Meskipun berat, mereka berusaha untuk tetap bertahan dan menjalani misi mereka dengan baik.

Saat ditayangkan, film Silmido berhasil menduduki puncak box office Korea Selatan karena mampu mendulang 10 juta penonton.

Pada tahun 2004, film ini juga berhasil meraih penghargaan di sebuah ajang bergengsi yaitu Baeksang Arts Award sebagai film Korea terbaik.

2. Masquerade (2012)

Film Korea Terbaik Masquerade
Masquerade (2012)

Rating IMDB: 7.9/10. Rating Rotten Tomatoes: 100%.

Film Masquerade merupakan salah satu dari lima film Korea terbaik sepanjang masa, menurut beberapa kritikus. Film ini dibintangi oleh Lee Byung Hun, aktor kawakan Korea yang juga membintangi beberapa film Holywood.

Masquerade berkisah tentang pemain akrobat sekaligus komedian yang memiliki kemiripan wajah dengan Raja Gwang Hee. Kemiripan ini membuat pemain akrobat tersebut diminta untuk menggantikan posisi raja yang sempat sekarat karena diracuni oleh para pengkhianat.

Kepiawaian Lee Byung Hun dalam memainkan dua karakter dengan sifat yang berbeda, membuat Masquerade berhasil menjual 12,3 juta tiket. Film ini juga berhasil meraih penghargaan dalam 15 kategori pada Grand Bell Awards.

3. Miracle in Cell No. 7 (2013)

Film Korea Terbaik Miracle in Cell No. 7 (2013)
Miracle in Cell No. 7 (2013)

Rating IMDB: 8.2/10.

Miracle in Cell No. 7 merupakan sebuah drama keluarga yang mengharukan. Film ini berkisah tentang upaya seorang anak membuka kembali sebuah kasus pembunuhan yang melibatkan ayahnya. Ayah yang ia bela merupakan seorang penderita down syndrome, dan telah mengalami perlakuan tidak adil hingga akhir hayatnya.

Didukung oleh para aktor dan aktris papan atas Korea, seperti Park Sin Hye dan Ryu Seung Ryong, film Miracle in Cell No. 7 berhasil menarik 12,3 juta penonton pada hari ke 52 setelah film ditayangkan.

4. The Thieves (2012)

Film Korea Terbaik The Thieves
The Thieves (2012)

Rating IMDB: 6.8/10. Rating Metacritic: 75%.

Film The Thieves yang dibintangi aktor-aktor papan atas Korea Selatan dan Cina, disebut-sebut berhasil menjual sekitar 12,9 juta tiket. Film laga dan komedi ini bercerita tentang sekelompok pencuri dari Korea Selatan dan usaha mereka untuk membobol sebuah kasino mewah di Hongkong.

Meskipun sudah direncanakan dengan sangat matang, usaha pencurian tersebut mengalami kegagalan karena beberapa anggota yang berkhianat. Film ini merupakan salah satu film laga terbaik Korea Selatan.

5. The Host (2006)

Film Korea Terbaik The Host
The Host (2006)

Rating IMDB: 7/10. Rating Rotten Tomatoes: 93%.

The Host berkisah tentang seorang ayah yang berusaha menyelamatkan anaknya dari seekor monster. Salah satu film Korea terbaik ini tercatat berhasil meraih 10 juta penonton dalam waktu 21 hari saja.

Selain itu, film ini juga berhasil mendapatkan penghargaan dari beberapa ajang penghargaan bergengsi yaitu, Blue Dragon Film Awards dan Asian Film Awards.

6. The Admiral: Roaring Currents (2014)

Film Korea Terbaik The Admiral Roaring Currents
The Admiral: Roaring Currents (2014)

Rating IMDB: 7.2/10.

Film The Admiral: Roaring Currents dibintangi oleh aktor kawakan Choi Min sik dan disutradarai oleh Kim Han Min. Film ini berhasil menjual 17 juta tiket dan masuk dalam daftar film terbaik Korea versi Dewan Perfilman Korea Selatan.

The Admiral: Roaring Surrents bercerita tentang kehebatan Jenderal Lee Soon Shin dalam peperangan melawan Jepang pada tahun 1597. Berkat strategi yang mumpuni, Jenderal terbaik Korea Selatan ini mampu mengalahkan 330 kapal Jepang dengan membawa 12 kapal saja.

7. The King and The Clown (2005)

Film Korea Terbaik The King and The Clown
The King and The Clown (2005)

Rating IMDB: 7.5/10.

The King and The Clown merupakan sebuah film adaptasi dari sebuah drama berjudul Yeonsangun of Joseon. Film ini berkisah tentang seorang badut yang mengolok-olok Raja Joseon pada masa itu lewat atraksi dan penampilan mereka di panggung kerajaan.

Empat bulan setelah dirilis, film ini berhasil mendapatkan 10 juta penonton. Tidak hanya itu, pada tahun 2010 King and The Clown pernah dinominasikan sebagai film berbahasa asing terbaik di ajang penghargaan film paling bergengsi dunia Academy Awards (Oscar).

8. Taegukgi: The Brotherhood of War (2004)

Film Korea Terbaik Taegukgi The Brotherhood of War
Taegukgi: The Brotherhood of War (2004)

Rating IMDB: 8.1/10. Rating Rotten Tomatoes: 85%.

Film yang berhasil meraup keuntungan sebesar 68,7 milyar ini berkisah tentang dua kakak beradik yang dipaksa masuk militer saat Perang Korea terjadi. Pada tahun 2004, Film Taegukgi: The Brotherhood of War berhasil meraih penghargaan sebagi film terbaik di ajang Asian Pacific Film Festival.

Itulah 8 film Korea terbaik sepanjang masa. Apakah Anda pernah melihat salah satu dari 8 film di atas? Share ya bagaimana komentar Anda tentang film tersebut.

Semoga ulasan di atas bisa menjadi referensi bagi para penggemar film. Selamat menonton.

Leave a Reply