Investasi Emas di Usia Muda, Siapa Takut!

Investasi Emas

Tidak semua orang berani berinvestasi. Usia muda dan ketiadaan dana yang melimpah menjadi alasan utama mengapa investasi masih jarang dilakukan kawula muda. Padahal, dengan usia yang masih muda dan sedikitnya biaya hidup, investasi seharusnya sudah bisa kamu mulai dari sekarang. Salah satunya adalah dengan melakukan investasi emas.

Investasi logam mulia ini bisa kamu lakukan dengan modal yang sedikit. Kamu hanya perlu menentukan waktu yang tepat dan harus jeli melihat peluang. Jika menurutmu menabung di bank tidak akan membuat uangmu berkembang, maka investasi emas ini sangat tepat untukmu, karena dengan investasi ini, uangmu bisa jadi berlipat ganda.

Keuntungan berinvestasi emas memang tidak bisa dipetik dalam waktu yang singkat. Mengingat ini adalah investasi jangka panjang, jadi kamu harus menunggu saat yang tepat untuk menguangkannya. Lalu, bagaimana caranya memulai berinvestasi logam mulia ini? Apakah ada tips investasi secara khusus?

Cara investasinya tidak sulit. Kamu bahkan bisa melakukannya sendiri. Tetapi kamu memerlukan pemahaman akan ragam jenis investasi logam mulia ini. Meski menggunakan benda yang sama, investasi ini ternyata ada banyak jenisnya dan harus kamu ketahui.

Setelah mengerti perbedaan dan manfaat dari setiap ragam investasi tersebut, kamu bisa memilih jenis investasi mana yang paling cocok dengan keadaan keuangan serta kepribadian kamu. Yuk kenali jenis-jenis investasi logam mulia yang bisa kamu lakukan di usia muda pada ulasan berikut ini:

Investasi Logam Mulia Antam

Investasi Emas Antam
Fine gold Antam via emasonline.com

Sebagian dari kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan Antam, bukan? Antam (Aneka Tambang) adalah sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berdiri sejak 1968, sebagai hasil merger perusahaan-perusahaan pertambangan nasional.

Antam melakukan eksplorasi tambang berupa nikel, feronikel, gold, silver, batubara dan bauksit. Badan usaha ini juga turut mengolah dan menjual barang-barang kekayaan alam tersebut. Salah satunya adalah logam mulia, yaitu emas batangan.

Investasi logam mulia Antam bisa kamu lakukan dengan mengunjungi langsung kantor Antam dan membelinya di sana. Selain itu, kamu juga bisa mendatangi PT Pegadaian sebagai distributor resmi penjualan fine gold Antam.

Kepada petugas Antam, kamu tinggal menyebutkan berapa besar dana yang kamu miliki untuk membeli logam mulia batangan ini. Dana tersebut akan disesuaikan dengan harga yang sedang berlaku pada hari kamu membeli. Kemudian petugas akan menginformasikan berapa gram jumlah emas yang bisa kamu beli dengan dana tersebut, kemudian kamu akan mendapatkan sertifikat resmi sebagai bukti kepemilikan.

Investasi logam mulia batangan Antam ini adalah bentuk investasi emas paling stabil harganya dan paling aman.

Investasi Emas Pegadaian

Investasi Emas Pegadaian
Investasi logam mulia Pegadaian via pakarinvestasi.com

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, investasi emas batangan juga bisa kamu lakukan dengan mendatangi PT Pegadaian terdekat untuk mendapatkan fine gold asli dari Antam. Logam mulia di Pegadaian bisa dibeli dengan cara tunai ataupun dicicil, atau dikenal dengan Tabungan Emas Pegadaian.

Jika kamu ingin mencicil emas dengan Tabungan Emas Pegadaian, kamu harus mengisi biodata dan membayar sejumlah biaya administrasi. Karena kamu membeli emas dengan cara dicicil, jadi kamu perlu membayarkan sejumlah uang cicilan setiap bulannya hingga cicilanmu lunas dan kamu berhak menerima emas batangan Antam milikmu.

Kamu bisa membeli emas batangan mulai dari 1 gram hingga 100 gram dengan uang muka 10 persen hingga 90 persen dari harga emas. Saat emas batangan tersebut sudah kamu terima, kamu bisa memilih untuk menjualnya saat itu juga jika dirasa harga pasar sedang bagus, atau menyimpannya lebih lama sebagai investasi jangka panjang.

Artinya, kamu harus melihat peluang yang ada saat itu. Jika kamu ingin segera menjual kembali emas tersebut karena harga emas sedang tinggi, maka kamu juga bisa menjualnya kepada pihak Pegadaian. Hanya saja, harga beli kembali yang ditentukan oleh Pegadaian biasanya lebih kecil dari harga emas yang ditentukan Antam.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan fasilitas gadai untuk mendapatkan uang sekaligus emas. Cara ini akan sangat membantu jika kamu membutuhkan dana segar tanpa perlu menjual emas batangan yang sudah kamu cicil selama ini.

Setelah proses taksir dilakukan, kamu akan mendapatkan sejumlah uang. Nantinya, uang yang telah kamu terima tersebut, harus kembali dibayarkan dengan cara dicicil atau tunai.

Investasi Emas Syariah

Investasi Emas Syariah
Investasi emas syariah via thegold.asia

Prinsip investasi emas syariah tidak jauh berbeda dengan investasi emas pada umumnya. Produk investasi ini bisa kamu lakukan pada lembaga-lembaga yang mengusung konsep syariah, seperti Pegadaian Syariah ataupun perbankan syariah.

Sama seperti pembelian emas di luar lembaga syariah, di lembaga syariah ini, kamu bisa mendapatkan emas dengan cara tunai dan mencicil. Jangan lupa siapkan dana tambahan untuk biaya administrasi jika kamu melakukan investasi ini ya.

Kalau kamu ragu mengingat banyaknya lembaga penyedia emas berbasis syariah, melakukan investasi emas di bank syariah juga bisa menjadi solusi terbaik dan tepercaya.

Investasi Emas Online

Investasi Emas Online
Investasi emas online via tradesmartonline.in

Ternyata, investasi logam mulia ini tidak hanya bisa dilakukan secara tatap muka antara penjual dan pembeli. Kamu bahkan bisa melakukannya secara online.

Dengan bantuan internet, kamu bisa berinvestasi emas dengan mudah. Cukup unduh aplikasi pada komputer atau gawaimu, dan kamu pun bisa melihat pergerakan poin emas yang sedang berlangsung di pasaran. Sebelumnya, kamu perlu membeli chip trading emas untuk memulai investasi ini.

Hal yang unik dari jenis investasi emas online adalah kamu bisa menyaksikan perubahan-perubahan harga emas langsung dari layar gawaimu. Jika nilai penurunan harga telah melebihi saldo, maka transaksimu akan otomatis ditutup. Kalau kamu mengalami ini, berarti kamu telah merugi sebesar nilai penurunan tersebut.

Investasi emas jenis ini tampak menggiurkan di awal, namun bisa menyakitkan di kemudian hari. Kalau tidak pandai mengatur modal awal, kamu bisa terjebak dalam permainan bisnis investasi. Belum lagi jika penyelenggara bisnis investasi tersebut bodong, kamu berisiko mengalami kerugian yang besar.

Investasi Emas Perhiasan

Investasi Emas Perhiasan
Investasi emas perhiasan via tokopedia.com

Wanita mana yang hatinya tidak terpikat pada perhiasan? Apalagi jika perhiasan itu terbuat dari emas. Sudah bisa membayangkan bagaimana indahnya perhiasan tersebut?

Wanita usia muda perkotaan cenderung jarang memiliki dan memakai perhiasan emas. Padahal dengan memiliki perhiasan emas, berarti kamu juga sudah melakukan suatu bentuk investasi.

Ya, memiliki perhiasan emas adalah salah satu bentuk investasi emas perhiasan yang berfungsi ganda. Selain bisa kamu pergunakan sehari-sehari, perhiasan ini juga bisa kamu simpan untuk memenuhi kebutuhanmu di kemudian hari. Saat kamu membutuhkan biaya untuk kuliah atau untuk berobat, kamu bisa dengan mudah menjual perhiasan emas tersebut.

Sayangnya, investasi ini memiliki kekurangan. Harga beli emas perhiasan terbilang cukup tinggi, namun ketika kamu hendak menjualnya kembali, harganya cenderung lebih rendah dibandingkan harga pasaran emas batangan.

Selain itu, emas perhiasan juga tidak bisa dijual di sembarang tempat dan umumnya harus dijual kembali ke toko tempat semula kamu membelinya.

Jadi, tertarik untuk berinvestasi emas dengan cara ini?

Bagaimana pengalaman kamu investasi emas selama ini? Ceritakan di kolom komentar ya!

4 Responses

Leave a Reply