10 Fakta Ajaib dalam Kisah Nabi Sulaiman

Kisah Nabi Sulaiman
10 Fakta Ajaib dalam Kisah Nabi Sulaiman

Kisah Nabi Sulaiman selalu saja menarik untuk dibaca dan diambil pelajaran. Kedahsyatan mukjizat dan kekuasaan sang nabi pun memancing banyak orang untuk membuat cerita fiktif dengan mencatut nama beliau. Padahal, masih banyak kisah sahih tentang Nabi Sulaiman yang – sering kali – jarang diketahui.

Berikut inilah 10 fakta ajaib yang hanya dapat ditemukan dalam kisah Nabi Sulaiman. Mana sajakah yang belum Anda ketahui?

1. Rakyat yang Patuh, Bukan Hanya Dari Kalangan Manusia

Nabi Sulaiman dianugerahi kekuasaan sebagai raja dan memiliki rakyat yang berasal dari bangsa hewan, jin, dan manusia. Mereka semua tunduk dan patuh terhadap perintah beliau. Mereka pun terancam mendapatkan hukuman jika lalai atau terlambat dalam melaksanakan tugas.

2. Nabi Sulaiman Dapat Berkomunikasi dengan Jin dan Berbagai Jenis Hewan

Dalam kisah Nabi Sulaiman dan semut, beliau dapat mendengar pemimpin koloni semut yang memerintahkan pasukannya untuk bersembunyi, agar tidak terinjak oleh tentara Nabi Sulaiman. Mukjizat ini juga dapat disaksikan dalam kisah burung hudhud, yang melaporkan kemusyrikan penduduk negeri Saba’ kepada sang nabi. Adapun, komunikasi Nabi Sulaiman dengan jin bisa ditemukan dalam kisah Nabi Sulaiman dan Ratu Balqis.

3. Tentara dari Berbagai Makhluk, Berbaris Sesuai Pangkat

Nabi Sulaiman juga memberdayakan burung, jin, dan manusia sebagai tentara. Sebagaimana diceritakan dalam Alquran surah An-Naml ayat 17-19, mereka berbaris dengan tertib. Dalam tafsirnya, Ibnu Katsir menyebutkan bahwa mereka berbaris sesuai kedudukan masing-masing, dan tidak bisa saling mendahului.

4. Siasat Cerdik Sang Nabi untuk Menundukkan Kerajaan Saba’

Enggan menerima dakwah tauhid yang diserukan oleh Nabi Sulaiman, Ratu Balqis – pemimpin negeri Saba’ – pun bermaksud melunakkah hati sang nabi dengan mengirimkan hadiah. Saat hadiahnya ditolak, Ratu Balqis lantas menemui Nabi Sulaiman untuk menghindari peperangan. Nabi Sulaiman pun memanfaatkan momen ini untuk menjukkan kekuasaan yang Allah berikan kepada beliau, yaitu dengan memindahkan istana Ratu Balqis beserta isinya ke negeri beliau dengan sekejap mata.

5. Istana Kaca yang Menakjubkan

Tidak cukup dengan memindahkan singgasana Ratu Balqis, Nabi Sulaiman juga memukau sang ratu dengan istana beliau, yang terbuat dari kaca hingga ke lantai-lantainya. Di bawah lantai istana, terdapat kolam yang sangat luas dan berisi aneka flora serta fauna laut. Tidak mengira bahwa kolam tersebut tertutup kaca, Ratu Balqis pun menyingkapkan baju karena takut basah, sehingga tampaklah kedua betisnya.

6. Kekuatan Prima Nabi Sulaiman

Dalam hadis sahih yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, disebutkan bahwa Nabi Sulaiman memiliki 100 orang istri. Beliau pernah bersumpah untuk mendatangi seluruh istrinya dalam satu malam, sehingga akan terlahir pula 100 anak yang berjuang di jalan Allah. Hanya saja, beliau tidak mengucapkan “Insya Allah”, sehingga hanya seorang istri yang hamil dan melahirkan anak yang cacat.

7. Kuda Bersayap Ternyata Bukan Sekadar Khayalan

Nabi Sulaiman memiliki kuda yang sangat banyak. Berdasarkan hadis sahih dari Aisyah radhiyallahu ‘anha, Nabi Sulaiman mempunyai kuda yang bersayap. Kesibukan mengurus mereka pernah membuat beliau lalai menunaikan salat, sehingga beliau pun menyembelih kuda-kuda tersebut.

8. Permadani Terbang Pun Bukan Hanya Fantasi

Allah mengganti kuda-kuda Nabi Sulaiman dengan sesuatu yang lebih baik, yaitu dengan memberikan kemampuan kepada sang nabi untuk mengendalikan embusan angin. Apabila Nabi Sulaiman memerintahkan angin untuk menerbangkan permadaninya, beliau dapat mencapai tempat mana pun dengan sangat cepat. Perjalanan jauh – yang biasanya ditempuh dalam waktu sebulan – bisa dicapai dalam waktu beberapa saat saja.

9. Sungai Tembaga dan Beraneka Macam Bangunan Menakjubkan

Jika Allah menundukkan besi bagi Nabi Dawud untuk membuat baju besi, Allah pun menguasakan sungai tembaga kepada putera beliau, Nabi Sulaiman. Nabi Sulaiman juga diberi kuasa untuk memerintah para jin agar mau menyelam dan mengambil beraneka benda berharga dari lautan, membangun gedung-gedung yang tinggi, patung-patung, serta piring-piring sebesar kolam yang tetap berada di atas tungku.

10. Raja Meninggal Tanpa Diketahui oleh Rakyatnya

Nabi Sulaiman meninggal dalam keadaan bersandar pada sebuah tongkat, namun tidak satu pun rakyatnya yang menyadari. Rakyat beliau – termasuk dari bangsa jin – terus bekerja dengan penuh ketundukan, merasa masih berada dalam pengawasan sang nabi. Tatkala rayap telah merusak tongkatnya, Nabi Sulaiman pun jatuh tersungkur dan bangsa jin menyadari bahwa mereka tidaklah mengetahui sesuatu yang gaib.

Kisah Nabi Sulaiman dengan Ratu Balqis memang telah banyak diketahui. Demikian pula dengan kisah Nabi Sulaiman dan semut, yang sering kali dibumbui dengan cerita-cerita palsu. Adapun, seorang muslim seyogyanya mencukupkan diri dengan fakta yang Allah ceritakan melalui Alquran maupun hadis-hadis Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wa sallam yang sahih.

Anda mengetahui fakta unik lain yang diambil dari kisah Nabi Sulaiman? Yuk, berbagi melalui kolom komentar! Tak lupa, ajaklah teman-teman Anda untuk turut berbagi dengan menyebarkan artikel ini di media sosial.

Sumber:

  • Ibnu Katsir. Kisah Shahih Para Nabi. Tahqiq: Syaikh Salim bin ‘Ied al-Hilali.
  • Ibnu Katsir. Shahih Tafsir Ibnu Katsir. Tahqiq: Tim Tafsir di Bawah Pengawasan Syaikh Shafiyyurrahman al-Mubarakfuri.

Leave a Reply