Tips Mencari Lowongan Kerja yang Efektif di Tahun 2017

Mencari lowongan kerja di era internet ini bisa jadi hal menantang. Karena melimpahnya informasi bisa jadi hal baik, atau bisa juga sebaliknya. Tidak jarang informasi yang kita temui di internet tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, termasuk informasi lowongan pekerjaan.

Oleh karena itu, kita harus pintar-pintar mencari informasi pekerjaan yang benar, agar proses pencarian kerja kita efektif. Berikut Inspiraloka akan share tips mencari lowongan kerja melalui berbagai media di internet dengan efektif.

Tulisan ini berdasarkan pengalaman admin mencari pekerjaan saat akan lulus kuliah beberapa tahun lalu, yang pada akhirnya admin dapat tawaran dari 3 perusahaan: Sampoerna, Unilever, dan Traveloka.

Mencari Lowongan Kerja via LinkedIn

Pertama, Anda buka job finder.

Linkedin Jobs

Setelah Anda masuk ke halaman di atas, cari lowongan dengan memasukkan nama pekerjaan yang Anda minati dan lokasi bekerja. Anda akan terbawa ke halaman berikut:

Lowongan Kerja Linkedin

Tersedia banyak lowongan kerja yang dapat Anda filter dengan berbagai kriteria, seperti perusahaan, industri, dan lain sebagainya. Klik lowongan mana yang Anda minati.

Lowongan Ruangguru

Informasi selengkapnya tentang lowongan yang Anda minati akan tampil. Silakan ikuti proses selanjutnya sesuai prosedur saja.

Selain mencari berdasarkan nama pekerjaan, Anda bisa juga mencari berdasarkan nama perusahaan. Misalkan Anda ingin sekali bekerja di Traveloka, tinggal masukkan saja nama Traveloka di kolom pertama dan voila, sejumlah lowongan kerja di Traveloka akan ditampilkan.

Linkedin Traveloka

Mencari Lowongan Kerja di Situs Resmi Perusahaan

Simpel. Admin mendapat info lowongan kerja Traveloka juga dari situs mereka sendiri. Karena dari awal ingin bekerja di sana, jadinya langsung saja lihat di situsnya.

Beberapa perusahaan startup dan MNC (multi national company) biasanya banyak memasang lowongan pekerjaan di situs mereka, dan infonya lumayan up to date.

Sebagai contoh, berikut informasi job openings di situs Traveloka:

Lowongan Kerja Traveloka

Berikut contoh lowongan di Unilever:

Lowongan Kerja Unilever

Mencari via Situs Penyedia Lowongan Kerja

Ada beberapa situs yang bisa Anda gunakan, seperti Jobstreet, JobsDB, dan sebagainya. Tapi kebetulan pengalaman admin dengan situs-situs tersebut kurang banyak.  Tapi admin punya kesan yang lumayan bagus dengan situs Bukapintu.co.

Loker Bukapintu

Di situs ini, Anda dapat memperoleh informasi lowongan yang disajikan secara sederhana. Job openings yang tersedia pun rasanya lebih sesuai bagi kita yang millennials. Tidak terlalu banyak dibandingkan situs-situs besar yang disebutkan sebelumnya, tapi bukankah itu poinnya? Kita lebih baik dapat info yang paling relevan saja kan.

Mencari Lowongan Pekerjaan Melalui Twitter

Admin mengetahui peluang kerja di Sampoerna dulu melalui Twitter KampusUpdate. Untuk yang masih mahasiswa, akun ini bisa sangat bermanfaat sih, dengan berbagai informasi lowongan pekerjaan bagi freshgrad maupun informasi magang.

Monggo, langsung saja lihat akun mereka:

Akun Twitter KampusUpdate

Mencari Loker Melalui Situs Kampus

Situs kampus juga bisa menjadi sangat bermanfaat dalam mencari lowongan kerja. Contoh yang lumayan bagus antara lain situs karir ITB dan UI.

Situs ITB Career Center:

Situs Karir ITB

Situs Career Development Center UI:

Situs Career Development Center UI

Selain situs di atas, kampus biasanya juga membagikan informasi karir di sosmed. Untuk info dari UI, Anda dapat follow: CDC UI, CDC FEB UI. Untuk info dari ITB, Anda dapat follow ITB Career Center.

Yap, itulah beberapa cara mencari lowongan kerja di internet. Semoga Anda bisa menemukan informasi yang sesuai. Jika sudah dapat, persiapkan segala sesuatunya dengan baik, mulai dari membuat CV yang bagus, latihan wawancara, dan sebagainya. Semoga segera dapat pekerjaan!

Leave a Reply