7 Tempat Wisata di Bandung yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Bandung
7 Tempat Wisata di Bandung yang Wajib Dikunjungi

Siapa yang belum pernah mendengar pesona kota Bandung?

Udara yang segar karena dikelilingi pegunungan menjadi salah satu daya tarik bagi banyak orang untuk berkungjung ke Bandung. Selain itu, Kota Bandung juga dikenal sebagai destinasi wisata yang memiliki pemandangan cantik dan objek-objek wisata menarik.

Yuk, kita langsung ke lokasi, melihat apa saja tempat wisata di Bandung yang wajib dikunjungi.

1. Upside Down World Bandung

Upside Down World Bandung
Upside Down World Bandung. Credit: wemeup.com

Anda penggila foto dan hobi foto selfie? Kalau begitu Anda wajib mengunjungi tempat wisata berfoto Upside Down World Bandung, yang mengusung tema rumah terbalik. Di sini setiap pengunjung memang bisa berpose seperti melayang di udara. Latar foto seolah Anda berada dalam sebuah ruangan bagian sebuah rumah, lengkap dengan perabot rumah tangga sungguhan.

Untuk mendapatkan pose unik tersebut, Anda harus rela merogoh kocek Rp100.000. Tapi jangan khawatir, biaya ini sepadan dengan pengalaman seru yang akan Anda dapatkan. Keunikan pose saat sedang melayang dan jungkir balik di sebuah ruangan ini akan diabadikan dalam sebuah foto oleh fotografer dan pengarah gaya profesional.

2. Gedung Sate

Gedung Sate Bandung
Gedung Sate. Credit: wikimedia.org

Tidak ada ruginya berkunjung ke landmark kota Bandung ini. Wisata Gedung Sate akan memberikan pengalaman unik tersendiri bagi Anda, apalagi biaya masuknya gratis. Hari Sabtu dan Minggu terutama memang dikhususkan bagi pengunjung.

Gedung sate memiliki 6 ornamen di atasnya yang mirip dengan tusuk sate. Anda mungkin jadi kepo, untuk apa sebenarnya lambang 6 tusuk sate ini? Ternyata 6 tusuk sate ornamen ini melambangkan uang 6 juta Golden yang dihabiskan untuk membangun gedung warna putih ini pada saat itu. Tak ada yang menduga ternyata ini alasannya, bukan?

Lalu bisa saja Anda bertanya-tanya apa saja sih yang ada di dalam gedung ini?Ada seperangkat gamelan khas Sunda, yang akan menyambut Anda saat memasuki gedung, yang saat ini digunakan sebagai kantor pemerintahan ini. Di lantai 4, yang berfungsi sebagai ruang tamu yang nyaman, terdapat teropong bila Anda ingin melihat pemandangan sekitar dengan jelas.

3. Trans Studio Bandung

Trans Studio Bandung
Trans Studio Bandung. Credit: youtube.com

Taman bermain ini menjadi alternatif bagi Anda yang ingin berwisata mengajak anak-anak di wahana hiburan seru, indoor theme park terbesar, terlengkap, dan terluas terletak di Bandung Supermal ini.

Kawasan dan wahana di Trans Studio Bandung ini dikelompokkan ke dalam 3 jenis untuk mempermudah pengunjung. Ada Studio Central tempat berbagai wahana seru, menarik, dan menegangkan. Studio Central memiliki arsitektur khas Hollywood tahun 60-an. Anda dapat melihat Hall of Fame artis Hollywood terkenal seperti Michael Jackson dan Marylin Monroe.

Berikutnya, di The Lost City, Anda bisa menjelajah wahana seperti Sky Pirates dan Kong Climb. Petualangan di The Lost City ini akan terasa menegangkan karena Anda akan berusaha menyelamatkan kru TransTV dalam ekspedisi mereka ke hutan.

Terakhir, Anda dapat merasakan sensasi petualangan majik di Magic Corner. Magic yang akan Anda lihat disini terkesan begitu nyata sehingga Anda akan berpikir itu memang sungguhan.

Selain ketiga wahana utama tersebut, ada juga Trans Studio Store, tempat penjualan oleh-oleh khas Bandung dan berbagai merchandise lainnya.

Tiket masuk ke Trans Studio Bandung ini seharga Rp180.000 untuk hari Senin-Kamis, Rp200.000 untuk hari Jumat, dan Rp280.000 untuk hari Sabtu, Minggu, dan hari libur lainnya.

4. Masjid Raya Bandung

Masjid Raya Bandung
Masjid Raya Bandung. Credit: urbanbandung.com

Masjid yang berlokasi tepat berada di tengah kota bandung ini, tak jauh dari tempat wisata di bandung yang murah, favorit warga bandung yaitu di alun-alun kota Bandung.

Sisi arsitektur Masjid Raya Bandung ini sangat khas, dan telah mengalami beberapa kali renovasi, sehingga terlihat luar biasa megah. Keunikan masjid ini ialah terdapat dua buah menara kembar di sisi kiri dan kanan masjid. Dengan ketinggian 81 meter, Anda bisa mencoba naik ke menara ini yang dibuka untuk umum setiap akhir pekan. Oh ya, harga untuk masuk ke menara Masjid Raya ini Rp4000 untuk dewasa dan Rp3000 untuk anak-anak.

5. Museum Konferensi Asia Afrika (Museum KAA)

Museum KAA Bandung
Museum Konferensi Asia Afrika (Museum KAA) Bandung. Credit: barlians.com

Museum Konferensi Asia Afrika berada di jalan Braga yang merupakan favorit para wisatawan. Museum ini jelas cocok bagi wisata keluarga bersama anak-anak, agar mereka bisa belajar sejarah dengan melihat foto dan peralatan saat konferensi Asia Afrika.

Museum yang biaya masuknya gratis ini, memiliki ruangan yang nyaman dan terang, bernuansa Art Deco dengan dinding marmer Italia asli. Ruangannya menggunakan bahan kayu Cikenhout yang kuat serta dihiasi lampu kristal. Jangan lupa Anda juga bisa berfoto di ruangan dalam museum ini, asal tidak menyentuh artefak yang ada.

6. Kawah Putih

Kawah Putih Ciwidey Bandung
Kawah Putih Bandung. Credit: kawahputihciwidey.com

Kawah Putih menjadi tempat wisata di Bandung yang sangat populer di kalangan wisatawan. Obyek wisata yang terletak di Ciwidey, 25 km dari kabupaten Bandung ini pemandangannya sangat mempesona.

Kawah putih ini memiliki warna yang berubah-ubah dari warna hijau apel hingga kebiru-biruan bila terkena panas matahari. Terkadang pula warnanya berubah menjadi coklat susu atau putih diselingi kabut tebal di atasnya.

Sebuah obyek wisata yang wajib Anda kunjungi karena menawarkan konsep suasana hutan yang terjaga kelestariannya. Perjalanan menuju tempat ini juga indah, melewati jalan berkelok dan sempit beraspal sepanjang 5 km. Hutan tropis di kanan kiri dan aroma belerang, pun akan menambah seru perjalanan Anda.

Harga tiket masuk ke Kawah Putih adalah Rp20.000 per orang.

7. Situ Patenggang

Setu Patenggang Bandung
Setu Patenggang Bandung. Credit: travelmulu.com

Danau yang dikenal sebagai Situ Patenggang atau Situ Patengan ini pun tak kalah menariknya. Berada di kawasan wisata Ciwidey, sekitar 45 km dari kota Bandung, dengan ketinggian 1600 m di atas permukaan laut, Situ Patenggang menyuguhkan panorama yang eksotis.

Pemandangan di sekitar didominasi oleh perkebunan teh bagaikan bentangan karpet yang menghijau. Anda akan merasakan semilir angin sejuknya udara khas pegunungan dan kehangatan sinar matahari menyentuh kulit. Jadi jangan lewatkan destinasi romantis ini.

Tiket masuk ke Situ Patengan adalah Rp18.000 untuk weekdays (Senin-Jumat) dan Rp20.500 untuk weekend (Sabtu, Minggu, dan hari libur).

Nah, bagaimana dengan pengalaman Anda sendiri saat berkunjung ke Kota Bandung? Tempat wisata di Bandung apa yang pernah Anda kunjungi? Kita tunggu komentar Anda di bawah ini ya, dan jangan lupa bagikan artikel ini di medsos Anda!

Leave a comment

Leave a Reply